Pesona Wisata Air Terjun Madakaripura Probolinggo

MINGGAT BARENGPesona Wisata Air Terjun Madakaripura Probolinggo. Wisata Air Terjun Madakaripura merupakan air terjun terkenal yang berada di Probolinggo tepatnya di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang lokasinya di Desa Sapih, Kec. Lumbang, Kab. Probolinggo, Jawa Timur. Air terjun ini berada di atas tebing - tebing yang menjulang tinggi dan airnya yang jatuh seakan - akan membentuk tirai di setiap dinding tebingnya.


Wisata Air Terjun Madakaripura berada di kawasan pegunungan sehingga suasana di air terjun ini terasa sejuk dengan pemandangan hijau khas daerah pegunungan. Wisata Air Terjun Madakaripura memiliki ketinggian mencapai 200 meter sehingga menjadikan air terjun ini sebagai air terjun tertinggi kedua di Indonesia setelah Wisata Air Terjun Sigura - Gura yang berada di Kab. Toba Samosir, Perapat, Sumut. Wisata Air Terjun Madakaripura memiliki aliran air yang tidak pernah berhenti atau kering bahkan di musim kemarau sekalipun sehingga banyak yang memberi julukan air terjun ini dengan sebutan Air Terjun Abadi.


Wisata Air Terjun Madakaripura konon menurut kitab Jawa Kuno Negarakertagama, Madakaripura dulunya adalah sebidang tanah yang diberikan oleh Raja Majapahit yakni Hayam Wuruk kepada seorang patihnya yakni Gajah Mada. Konon di air terjun ini Gajah Mada menghilang secara fisik dan spiritual dari muka bumi. Oleh sebab itu, dibuatlah patung Gajah Mada dengan ukuran sangat besar. Air dari Wisata Air Terjun Madakaripura ini masih dianggap umat Hindu sebagai Tirta Sewana ( air suci ) sehingga setiap tahunnya air dari air terjun ini digunakan untuk prosesi Mendhak Tirta.


Untuk menuju Wisata Air Terjun Madakaripura memerlukan waktu kurang lebih 3 jam perjalanan dengan rute Surabaya - Sidoarjo - Pasuruan - Probolinggo. Kemudian anda akan menemui papan jalan dan ikuti menuju arah Gunung Bromo dan Wisata Air Terjun Madakaripura. Sesampainya di depan tempat parkir, anda harus melanjutkan perjalanan sejauh 1 km dengan berjalan kaki melewati jalan setapak dan menyebrangi sungai untuk mencapai lokasi air terjun. Untuk memasuki Wisata Air Terjun Madakaripura anda akan dikenakan tarif sebesar Rp 3.000 per orang. Tidak terlalu mahal bukan?? Tidak ada salahnya jika Wisata Air Terjun Madakaripura menjadi salah satu destinasi tujuan liburan anda bersama keluarga.

Baca juga artikel: Pelangi Di Wisata Air Terjun Coban Talun

0 Response to "Pesona Wisata Air Terjun Madakaripura Probolinggo"

Post a Comment

MINGGAT BARENG. Powered by Blogger.