Pelangi Di Wisata Air Terjun Coban Talun

MINGGAT BARENGPelangi Di Wisata Air Terjun Coban Talun. Kota Malang memang identik dengan pariwisata. Adanya kawasan pegunungan membuat kota ini memiliki beberapa objek wisata berupa air terjun yang menjadi salah satu destinasi favorit bagi banyak orang, salah satunya yakni Air Terjun Coban Talun. Pesona pelangi yang indah menjadi daya tarik wisatawan ketika berkunjung ke air terjun ini.


Air Terjun Coban Talun merupakan salah satu wisata air terjun di Malang. Air terjun ini berada di kawasan Wisata Bumi Perkemahan Coban Talun yang ada di lereng barat Gunung Arjuno dan Gunung Welirang tepatnya di Dusun Junggo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Malang yang jaraknya kurang lebih 15 km dari Kota Malang.

Rute perjalan menuju Wisata Air Terjun Coban Talun cukup mudah. Dari Terminal Arjosari Malang naik angkutan menuju Landungsari ( ADL / AL ) - di Landungsari naik angkutan ke Terminal Batu ( angkutan warna pink / ungu ) - dari Terminal Batu dilanjutkan naik angkutan jurusan Selecta - Coban Talun ( angkutan warna orange ) - setelah itu diturunkan di depan gerbang Air Terjun Coban Talun. Jika dari Surabaya bisa mengambil jalur Cangar melalui Trawas namun jalannya cukup berbahaya jika malam hari karena tidak adanya penerangan serta kondisi jalan yang berliku dengan turunan curam.


Sepanjang perjalanan menuju lokasi Air Terjun Coban Talun akan disuguhi pemandangan yang indah dengan banyak pohon apel di sisi kiri dan kanan jalan yang menggugah selera. Kondisi jalan menuju lokasi berupa jalan berbatu namun cukup aman dilalui kendaraan roda empat. Setelah sampai di tempat parkir kendaraan anda harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki melewati jalan setapak.

Hanya dengan tiket masuk seharga Rp 5.000 anda bisa mengunjungi dua tempat sekaligus, yakni sebuag bendungan yang jaraknya sangat dekat dan sebuah air terjun yang harus ditempuh dengan jalan kaki melewati sungai dan hutan pinus yang ternyata merupakan bagian atas Air Terjun Coban Talun sekitar 30 menit. Air Terjun Coban Talun masih berada di dasar tebing sungai dan untuk mencapainya harus turun melewati jalan tanah berkelok - kelok di sisi tebing yang cukup curam kemudian anda harus melewati anak tangga yang disangga kayu namun anda harus berhati - hati karena agak sedikit licin.


Air Terjun Coban Talun memiliki ketinggian 75 meter dengan diameter kurang lebih 15 meter. Panorama alam di sekitar sangat indah selain dikelilingi hutan pegunungan yang sejuk, kadang bisa menyaksikan pelangi di setiap sudut air terjun jika cuaca sedang cerah. Selain itu, adanya bebatuan besar dan berwarna putih mendominasi isi sungai menambah keindahan Air Terjun Coban Talun ini.

Karena sering digunakan sebagai area Camping Ground, kawasan Wisata Air Terjun Coban Talun menyediakan fasilitas umum yang berhubungan dengan kegiatan alam seperti kamar mandi, WC, air bersih, persewaan tenda, kayu bakar, lampu minyak, dan perlengkapan lain. Ada banyak warung makan di sepanjang pintu masuk bumi perkemahan, toko oleh - oleh dan cindera mata, serta penjual buah - buahan. Jika anda sedang berada di Malang alangkah baiknya mencoba mengunjungi air terjun satu ini.

Baca juga artikel: Wisata Paralayang Batu Malang

0 Response to "Pelangi Di Wisata Air Terjun Coban Talun"

Post a Comment

MINGGAT BARENG. Powered by Blogger.