Objek Wisata Waduk Gajah Mungkur Wonogiri

MINGGAT BARENGObjek Wisata Waduk Gajah Mungkur Wonogiri. Waduk Gajah Mungkur merupakan potensi tempat wisata di Provinsi Jawa Tengah yang sangat ramai dikunjungi. Waduk ini berjarak sekitar 3 kilometer dari Kab. Wonogiri di mana membendung sungai terpanjang di Jawa Tengah yaitu Sungai Bengawan Solo. Usia Waduk Gajah Mungkur ini termasuk tua yakni dibangun pada tahun 1970 dan baru mulai bisa beroperasi pada tahun 1978. Awalnya pembuatan waduk ini menuai banyak protes dari penduduk setempat karena pemerintah Indonesia terpaksa harus menggusur puluhan ribu orang dari desanya. Untungnya, saat ini kita bisa merasakan berbagai macam manfaat dari pembangunan waduk tersebut.


Waduk Gajah Mungkur ini telah membentuk sebuat danau buatan yang sekarang telah dibuka menjadi objek wisata. Selain itu, waduk ini juga berguna untuk mengairi persawahan warga di 4 wilayah sekaligus. Tidak hanya itu, PLTA dan juga kebutuhan air minum kota di Wonogiri didapat dari sumber air waduk ini.


Saat memasuki Objek Wisata Waduk Gajah Mungkur, akan terlihat patung Bedol Desa tepat berada di depan pintu masuk menuju area rekreasi. Patung ini sengaja dibuat untuk memperingati peristiwa Bedol Desa saat pembangunan waduk terjadi. Para wisatawan yang datang ke Waduk Gajah Mungkur dapat berkeliling danau atau sungai dengan cara menaiki kapal boat yang sudah disediakan. Bagi mereka yang suka menangkap ikan atau olahraga memancing juga dapat melakukan aktifitasnya di sini. Yang lebih mengasyikkan lagi yakni para pengunjung dapat menikmati fasilitas gantole atau layang gantung yang sangat seru.


Di sekitaran Waduk Gajah Mungkur akan terlihat lapangan luas di mana ada panggung terbuka untuk melakukan pertunjukan musik. Banyak juga terdapat toko - toko cinderamata, pedagang kaki lima yang menawarkan makanan - makanan, warung makan, dan restoran yang menawarkan masakan khas Jawa Tengah seperti Nasi Pecel dan Bakso. Waduk Gajah Mungkur juga masih menjadi tempat ata pencaharian penduduk lokal yang bekerja sebagai nelayan. Maka jangan heran apabila di sekitaran Waduk Gajah Mungkur terdapat banyak kapal - kapal milik nelayan yang bersandar.

Baca juga artikel: Wisata Alam Ranu Segaran Probolinggo

0 Response to "Objek Wisata Waduk Gajah Mungkur Wonogiri"

Post a Comment

MINGGAT BARENG. Powered by Blogger.